• McDougall Rocha posted an update 3 years, 7 months ago

    Kebiasaan orang Indonesia seandainya menerima sesuatu atau sedang merayakan sesuatu lazimnya selalu mengandalkan nasi kotak. Dimana nasi kotak ini dapat di peroleh saat selesai menghadiri acara syukuran, acara bulanan kehamilan, acara ulang tahun dan lain sebagainya. Sekarang nasi kotak aneka menu sangat banyak, dan juga bisa disesuaikan sesuai orderan.

    Seandainya kita memandang istilah syukuran yaitu kultur baik yang telah dilakukan secara turun temurun. Adat ini ialah wujud rasa syukur kita kepada sang pencipta, seperti acara 4 bulanan kehamilan. Dimana pada usia 4 bulan, sedang dikasih ruh dan sebagainya. Diselenggarakannya acara 4 bulan berdoa agar anak dalam kandungan baik.

    Lalu dikala mendapatkan sesuatu seperti setelah mendapatkan rumah baru, atau sesudah membeli mobil baru, atau bahkan ketika dapat mencapai sesuatu karenanya orang-orang akan mengadakan syukuran. Ini hal yang baik yang ada di kalangan masyarakat. Dan lazimnya dimana ada syukuran maka disitu pula ada nasi kotak sebagai buah tangan para tamu yang hadir.

    Biasanya selain disediakan makanan berbentuk prasmanan atau malah bukan, para tetamu yang sudah datang ke acara syukuran tetap dibawakan buah tangan. Bisa tangan yang diberikannya malahan setiap orang berbeda-beda, melainkan umumnya mereka yang memberikan buah tangan berupa nasi kotak entah itu pesan atau membikin nasi kotak oleh si pembuat acara.

    Isi nasi kotak yang biasanya menjadi buah tangan para tamu yang datang ke acara syukuran yakni nasi dengan pelbagai macam lauk. Sebab jadi komplit seperti daging, sayuran, dan juga buah. Itu untuk nasi kotak yang bukan dipesan dari rumah makan.
    Dapur Patriot ada banyak juga orang yang mengorder nasi kotak dari rumah makan.

    Apabila memesan nasi kotak dari rumah makan, apalagi memang rumah makan hal yang demikian terkenalnya dengan ayam, maka isi dari nasi kotak hal yang demikian cuma ayam dan juga lalapan. Berbeda dengan nasi kotak yang lazim orang-orang desa sajikan. Dimana nasi kotak aneka menu disajikan sangat lah lengkap sampai ada buahnya juga.

    Untuk lauknya malah tak hanya ada ayam saja, tapi ada sayur juga yang umumnya ada dua tipe sayur. Maka lupa dalam nasi kotak hal yang demikian ada kerupuk. Itu dari itu jika diperbandingkan antara kota dan di desa format syukuran lebih terasa hangat di desa. pun dalam format nasi kotak juga berbeda.