• Aaen Zhou posted an update 3 years, 7 months ago

    Kabar menjadi salah satu konsumsi bagi manusia dikala ini. Untuk beberapa orang, input kabar sangatlah penting. Info lazimnya dimuat dalam media masa seperti koran, majalah, layar kaca, radio, dan sekarang internet dalam bentuk laman atau platform video menjadi salah satu media masa baru. Dengan adanya dunia online sesungguhnya benar-benar mempengaruhi persebaran isu itu sendiri. Penyampaian isu menjadi semakin pesat dan juga padat yang membuat informasi yang masuk ke alat pendengaran masyarakat semakin banyak.

    Kabar yang ada ragam dan jenisnya sangatlah banyak, mulai dari informasi yang sifatnya berat seperti isu kriminalitas, politik, regulasi, dan ekonomi. Hingga pada isu yang ringan dan menghibur. Melainkan untuk menjadi informasi yang disenangi banyak orang, perlu adanya ciri khas tersendiri dari info hal yang demikian. Salah satunya adalah keunikan dari sebuah isu yang dimuat. Berita unik dapat didefinisikan sebagai info yang mempunyai ciri khas atau berani tampil beda dibandingkan dengan berita-berita lainnya. Keunikan dari sebuah kabar sesungguhnya betul-betul banyak indikatornya. Indikator yang pertama adalah dari segi isi. Isi isu yang dapat dikatakan unik umumnya ketika sedikit \"nyeleneh\" atau yang keluar dari template kabar pada lazimnya.

    blog astor.id tampil berbeda menjadi salah satu unsur kenapa muncul informasi-isu yang mempunyai kekhasan tersendiri dan cenderung unik. Isi yang berbeda ini dapat bernilai positif melainkan juga bisa bernilai negatif. Menjadi hal yang positif dikala isi isu hal yang demikian ternyata bisa diterima dengan bagus meskipun isinya berbeda dengan info lainnya. Tapi menjadi suatu hal yang kurang bagus ketika berita yang disajikan keluar dari konteks yang sebetulnya.

    Indikator lainnya yang bisa menghasilkan sebuah pengevaluasian dari keunikan sebuah berita merupakan gaya bahasa yang diterapkan penulis informasi untuk memberi tahu informasi terhadap pembacanya. Bahasa penyampaian menjadi hal yang penting untuk dilihat. Bahasa yang tepat akan membikin pembaca kian mudah dalam memahami isi berita tersebut. Kabar unik lazimnya akan memilih penerapan kata dan gaya penyampaian yang unik pula. Tetapi konsisten dengan mengamati siapa yang akan membaca kabar hal yang demikian. Tentu saja kalau isu tersebut dibaca oleh kalangan penting bahasa yang dipakai juga sepatutnya menyesuaikan mereka

    Isu lainnya yaitu bisa diamati dari pemilihan judul isu. Berita unik lazimnya akan memilih judul-judul yang juga unik. Judul menjadi bagian pertama yang diperhatikan oleh pembaca sebelum membaca isi dari berita tersebut. Umumnya itu, pemilihan judul yang unik dan tidak biasa menjadi salah satu taktik agar banyak orang yang membaca isu hal yang demikian. Walaupun berita-kabar yang dimuat dalam laman internet memiliki judul-judul yang unik dan membuat banyak orang penasaran hingga akhirnya membuka web tersebut untuk membacanya. Tapi hakekatnya isi dari kabar hal yang demikian tidak berbeda jauh dengan kabar pada web lainnya. Tapi sebab dikemas dengan metode berbeda, membuat jumlah pembacanya juga berbeda.