• Kelly Wyatt posted an update 3 years, 8 months ago

    Arti kata Afwan dan pengaplikasiannya dalam kalimat. Ketika ini banyak orang yang mulai terbiasa untuk menerapkan kalimat atau bahasa yang terdengar syar\’i sebab berbahasa Arab. Umumnya yang banyak menerapkannya yaitu mereka yang baru belajar tentang agama secara mendalam dan mengklaim baru saja hijrah ke jalan yang lebih bagus.

    Afwan atau dari asal kata bahasa Arab Al-Afwu yaitu memiliki arti memberi maaf atas kesalahan dosa dan membebaskan sanksi atasnya. Kata ini biasanya diaplikasikan sebagai ganti permintaan maaf yang ada. Seperti umpamanya saat melaksanakan kesalahan, dikala permisi akan melewati di depan orang, dikala terlupa akan sesuatu, saat tidak bisa datang atau terlambat pada sebuah acara dan lain sebagainya.

    Kata Afwan kadang-kadang juga disuarakan dengan kata Afwan jiddan. Kata jiddan sendiri bisa diistilahkan sebagai sungguh-sungguh. Sehingga kata Afwan jiddan bisa diistilahkan sebagai kalimat dengan arti permintaan maaf yang dilaksanakan dengan sungguh-sungguh. itu memperlihatkan kesungguhan hati yang teramat dalam dari si peminta maaf untuk mendapatkan maaf dari yang dimaksud.

    Tapi kadang-kadang perkataan Afwan juga disebutkan saat ada yang mengungkapkan kata terima beri. itu berarti arti kata Afwan memiliki arti sama-sama atau terima beri kembali. Dalam hal ini ucapan kata Afwan sangat berbeda jauh apabila diucapkan pada kalimat permintaan maaf. Sehingga telah jelas mempunyai 2 arti yang berbeda.

    Lalu bagaimana Kita dapat mengartikan apa arti dari ucapan Afwan yang diberikan? Arti kata Afwan sendiri yang sebenarnya merupakan permintaan maaf. ini bisa nampak dari situasi dan situasi yang sedang berlangsung dikala yang menyatakan kata Afwan hal yang demikian berada. Sesekali kata Afwan digunakan sebagai kata permisi yang ditujukan pada seseorang yang artinya memiliki arti untuk menjaga sopan santun tertentu.

    Mengapa kata terima beri yang dinyatakan oleh seseorang juga dijawab dengan kata Afwan? Kata Afwan itu sendiri memperlihatkan kerendahan hati dari seseorang yang diberikan ucapan terima beri.
    Sahabat Muslim mana dalam hal ini menurutnya tidak sesuai diberi ucapan tersebut karena hanya Allah saja yang memiliki hak untuk menerima ucapan hal yang demikian.

    Melainkan memandang beberapa anggapan yang tersebut diatas kiranya bisa dipahami bahwa kata Afwan rupanya memang dapat dinyatakan dalam dua kondisi, yaitu dikala sedang minta maaf pada seseorang atau sedang menjawab ucapan terima kasih dari seseorang. Apa malah itu, sebaiknya ucapkan dengan lafal dan intonasi yang baik dan benar.

    Namun jika diamati dari inti tujuan pengucapan kata Afwan, keduanya mempunyai kesamaan merupakan dinyatakan dengan seluruh kerendahan hati. dikala sedang minta maaf atau sedang menjawab ucapan terima kasih yang dikasih seseorang. ini menunjukkan nasihat pada Kita supaya senantiasa menjadi orang yang rendah hati dan tidak pongah meskipun memiliki kedudukan yang tinggi sekalipun. Sekian kabar singkat perihal arti kata Afwan. Semoga berguna.